Terbaru! Bukan Cuma Antigen & PCR, Ini Dia Syarat Naik Pesawat Selengkapnya

By | 24/05/2022

syarat naik pesawat

Pergi untuk jalan-jalan ke tempat favorit, atau biasa disebut healing siapa sih yang gak mau. Perjalanan ke luar kota sudah mulai mudah, termasuk terbang dengan pesawat, tapi kamu sudah tau belum syarat naik pesawat yang terbaru.

Jalan-jalan keluar kota sudah mulai menjadi tujuan banyak orang lagi untuk refreshing penatnya kehidupan pekerjaan, apalagi saat 2 tahun pandemi covid sulit sekali bepergian walau hanya dalam negeri.

Tiap situasi pandemi covid-19 pemerintah membuat aturan yang selalu diperbaharui, mungkin awalnya kapasitas untuk bepergian menggunakan pesawat hanya berkapasitas 25%, lalu situasi membaik sudah bisa 50% dan terus bertambah kapasitasnya.

Nah, dengan begitu kamu yang ingin membuat rencana bepergian dalam negeri menggunakan pesawat udara, sudah tau belum dengan syarat naik pesawat terbaru dari pemerintah. Yuk simak syarat-syaratnya pada artikel ini.

SYARAT TERBARU BEPERGIAN NAIK PESAWAT

Berdasarkan syarat naik pesawat dari peraturan pemerintah lewat surat edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor 36 Tahun 2022 tentang petunjuk perjalanan dalam negeri dengan transportasi udara pada masa pandemi covid-19.

  1. Telah melaksanakan vaksinasi dosis ketiga, sehingga tidak perlu lagi melakukan tes swab antigen atau PCR sebelum bepergian
  2. Pelaku perjalanan yang belum melaksanakan vaksinasi ketiga tetapi sudah mendapat vaksinasi kedua, masih perlu tes swab antigen maksimal 1x24jam sebelum keberangkatan atau tes swab PCR maksimal 3x24jam sebelum keberangkatan.
  3. Untuk kamu yang baru mendapat dosis vaksinasi sekali saja, kamu diwajibkan untuk melakukan test swab PCR maksimal 3x24jam sebelum keberangkatan.
  4. Untuk kamu yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta dan tidak bisa melakukan vaksinasi, wajib menunjukan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah dan melakukan test swab PCR maksimal 3x24jam sebelum keberangkatan.
  5. Aturan pengisian e-HAC masih menjadi keharusan untuk melakukan perjalanan transportasi udara, tetapi untuk anak usia dibawah 6 tahun, tidak perlu menggunakan e-HAC ataupun tes swab, baik antigen maupun PCR.

Kalau para traveller telah mengetahui peraturan atau syarat naik pesawat terbaru dari pemerintah, berarti kamu sudah siap nih untuk healing ke kota terbaik dan favorit pilihanmu.

Jangan lupa menjadi seorang traveller tetap harus bertanggung jawab ya, untuk menjaga kesehatan, kebersihan, maupun keamanan diri kamu sendiri dan orang lain maupun penduduk dan alam sekitar, walau pandemi covid-19 sudah mulai membaik, tetap tidak boleh sembarangan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.