airportinformationtechnology.com

Tidak Ada Yang Tahu! Berikut 5 Fakta Tentang Security Bandara

Tidak Ada Yang Tau! Berikut 5 Fakta Tentang Security Bandara

Siapa yang tidak ingin bisa berlibur ke destinasi wisata impian? Hampir 3 tahun karena pandemi covid-19, kita tidak bisa menikmati keindahan daerah lain. Tapi, sebelum kamu bepergian, ketahui dulu 5 fakta tentang security bandara yang terbaru.

Security bandara adalah sebuah sistem yang dibuat untuk keamanan bandara, dan para pengguna jasa di bandara. Sistem pemeriksaan di bandara dibuat untuk kenyamanan dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat menggunakan fasilitas bandara.

Dengan begitu kamu akan merasakan keamanan dan kenyamanan untuk bepergian ke destinasi tujuan kamu. Berikut fakta-fakta untuk kamu bepergian keluar kota maupun keluar negeri melalui bandara.

CCTV atau Closed Circuit Television adalah sebuah kamera pengintai yang cenderung berbentuk kecil dan tersembunyi untuk kebutuhan keamanan. Di Bandara sendiri terdapat ratusan CCTV yang akan kamu temui, dari mulai parkiran kendaraan sampai landasan.

Demi terciptanya keamanan yang solid, pihak bandara akan mengawasi CCTV selama 24 jam dari berbagai sudut, tentunya untuk keamanan kamu sebagai pengguna fasilitas bandara 

Pada dasarnya dalam peraturan bandara, setiap bandara diharuskan memiliki SCP, sebagai titik vital proses keamanan bandara. Di Indonesia, SCP pertama terdapat di antara ruang publik dengan area check-in.

SCP pertama ini kamu akan melewati airport scanner atau mesin x-ray. Disini barang – barang bawaanmu akan diperiksa apakah aman untuk bagasi atau tidak.

Mesin x-ray ini berfungsi sebagai metal detector, untuk melihat barang bawaan apakah terdeteksi bahan peledak, senjata tajam dan yang dapat merugikan banyak pihak.

Selain itu kamu juga akan diperiksa dengan walkthrough metal detector, sama seperti mesin x-ray untuk barang bawaan kamu, tapi ini untuk memeriksa barang yang kamu jinjing, dari kepala sampai sepatu yang kamu kenakan.

Setelah kamu melewati SCP pertama, kamu diharuskan melakukan check in untuk memeriksa tiket penerbangan kamu dan juga barang bawaan.

Untuk barang bawaan bisa kamu titipkan di area check in ini, dengan maksimal 20kg, jika kapasitas koper yang kamu bawa masih sesuai standar kabin pesawat, silakan diletakkan di kabin pesawat, tetapi jika tidak sesuai prosedur kabin, kamu harus menitipkannya di bagasi pesawat.

Titik kedua dari SCP jauh lebih ketat daripada titik pertama, kamu harus meninggalkan semua barang bawaan kamu, mulai dari koper, tas, handphone, bahkan sampai ikat pinggang pada mesin x-ray. Hal tersebut dikarenakan sensitifnya metal detector pada mesin x-ray SCP tersebut.

Diperuntukannya pun sama seperti titik pertama, untuk mendeteksi bahan peledak dan ada juga liquid inspection, untuk mendeteksi zat kimia dalam bentuk cairan yang mudah sekali meledak. 

Adapula batas zat cair yang boleh dibawa hanya sebanyak 100 mg atau 100 ml. Benda cair dengan wadah melebihi 100 ml akan langsung disita oleh petugas, meskipun isi di dalamnya hanya tersisa 100 ml / kurang. 

Yang terakhir, pada bandara juga terdapat sistem Autogate untuk pemeriksaan keimigrasian. Sistem Autogate sendiri merupakan sarana pemeriksaan keimigrasian melalui pintu perlintasan otomatis yang diperuntukan Warga Negara Indonesia (WNI) yang keluar maupun masuk Indonesia. 

Untuk menggunakan Autogate WNI diharuskan memindai paspor, merekam sidik jari, dan merekam biometric wajah dengan peralatan yang telah  tersedia untuk membuka pintu Autogate tersebut.

Ketatnya keamanan pada bandara tentunya tidak akan cepat untuk dilalui. Meskipun terdengar menjengkelkan, namun itulah yang terbaik untuk memberikan keamanan dan kenyamanan para penumpang. 

Dengan mengetahui fakta – fakta tentang security bandara di atas, tentunya kamu sudah lebih mengerti apa yang harus dipersiapkan dan apa yang harus ditinggalkan. Dengan begitu, proses screening mu akan selesai lebih cepat, dan perjalananmu akan terasa lebih menyenangkan.

Exit mobile version